Latest News

Apakah Harus Eject Flashdisk Sebelum Dicabut?


- Kita semua tahu terdapat hukum tak tertulis pada sistem operasi Windows dimana perangkat removable entah itu flashdisk USB, microSD, bahkan disc harus melalui tahap eject sebelum benar-benar dilepas dari komputer.

Sistem operasi Windows khususnya Windows XP sampai Windows 10 masih menyematkan menunya pada system tray.

Pertanyaannya, apakah hal tersebut yakni sebuah kewajiban?

Well, sebagian berkata "itu nggak harus, tidak berdampak jelek bagi flashdisk atau komputer"
Ada pula yang beranggapan "itu sangat penting terutama pada keselamatan data di flashdisk"

Mana yang benar?

Jawaban


Menjawab pertanyaan ini, kau harus tahu metode saat perangkat gres terhubung ke komputer:

  • USB Mass StorageFlashdisk, microSD, sampai kepingan CD termasuk dalam kategori ini. Ketika ia terhubung, maka flashdisk akan dianggap sebagai perangkat penyimpanan gres yang sanggup menjalankan program. Tentu yang mirip ini mengharuskan proses eject.
  • Media/Picture Transfer ProtocolMedia Transfer Protocol / Picture Transfer Protocol sering hadir pada kamera, tablet, atau smartphone. Kamu sanggup melihat opsinya saat dihubungkan ke komputer, akan ada dua pilihan mirip di atas. Mengingat fungsinya sebagai media, maka tidak dilakukan eject pun tak masalah. Bahkan kadang-kadang kau tak akan melihat opsi eject lantaran memang tidak perlu.
Khusus untuk USB Mass Storage, saat tengah flashdisk tengah berkomunikasi dengan komputer entah itu menyalin data, menjalankan program, dan sebagainya, fungsi eject amat diperlukan.

Contohnya saat final menyalin data ke flashdisk, kau mungkin melihat data tersebut ada di flashdisk. Padahal belum tentu.

Opsi eject pada Windows 10

Seringkali data masih berada di cache. Itu artinya masih ada sejumlah data yang masih "menyangkut" di komputer. Biasanya sangat kecil, namun kita semua tahu bahwa satu bab hilang pada file sanggup menyebabkan corrupt.

Nah, dalam hal ini eject sanggup dikatakan sebagai perintah untuk menuntaskan kiprah yang berkaitan dengan flashdisk.

Jika file diibaratkan sebagai skripsi, maka eject yakni tandatangan dosen. Bagiannya kecil, tapi sangat penting semoga lembaran-lembaran kertas tersebut pantas disebut skripsi.

So, apakah eject penting?

Yes. That's a really important thing!

Penggunaan eject juga sanggup memberi tahu bahwa ada file/program yang dibuka dari flashdisk

Tapi saya pernah cabut flashdisk tanpa eject, tidak kenapa-napa tuh?

Yep, Dewi Fortuna ada di pihak Anda. Beruntunglah lantaran itu berarti flashdisk dalam kondisi netral, tidak sedang berinteraksi dengan komputer. Tapi namanya juga keberuntungan, tidak tiba setiap waktu.

Punya pengalaman seputar eject flashdisk? Share disini :)