Latest News

Perbedaan Exe Dan Msi Pada Windows

 Untuk menjalankan sebuah kegiatan pada sistem operasi Windows Perbedaan EXE dan MSI pada Windows

- Untuk menjalankan sebuah kegiatan pada sistem operasi Windows, kita mengenal ua format terkenal yakni EXE dan MSI. Sekilas tidak ada perbedaan antara keduanya, namun bersama-sama ada diferensiasi fundamental antara EXE dengan MSI.


Sekilas EXE dan MSI

EXE berarti executable atau dengan kata lain sebuah paket kegiatan yang sanggup pribadi berjalan pada Windows, entah itu berupa installer atau aplikasi. EXE sanggup dibentuk oleh siapa saja.

MSI atau Microsoft Installer berisi sebuah perintah, bukan program. Ekstensi tersebut diciptakan oleh Microsoft untuk Windows. MSI biasanya berukuran kecil alasannya ialah kegiatan berada terpisah dengan file.


Perbedaan EXE dan MSI

Sebetulnya kedua format ini punya tujuan yang hampir serupa, hanya saja berada dalam kategori yang berbeda.

EXE berisi paket data yang akan dipecah menjadi kegiatan ketika proses instalasi. Kita sering juga menyebut versi instalasi dari EXE sebagai installer. Ukuran data sehabis diekstrak niscaya akan lebih besar dari file aslinya. Namun EXE juga sanggup bertindak untuk menjalankan aplikasi.

 Untuk menjalankan sebuah kegiatan pada sistem operasi Windows Perbedaan EXE dan MSI pada Windows
Seringkali penampilan installer EXE sudah dimodifikasi

File EXE sanggup dibentuk oleh siapa saja, khususnya developer game atau software. Instalasi dengan ekstensi EXE biasanya lebih customizable.

MSI bukan executable, melainkan sejumlah isyarat "resmi" untuk beberapa tujuan. Misalnya menjalankan file EXE, mengatur konfigurasi, mengunduh kegiatan baru, sampai memperbaiki problem pada komputer.

 Untuk menjalankan sebuah kegiatan pada sistem operasi Windows Perbedaan EXE dan MSI pada Windows
MSI tidak sanggup dijelaskan dari administrator

MSI cenderung lebih kondusif alasannya ialah mengikuti standar dari Microsoft. TIdak ada opsi Run as Administrator pada MSI. Banyak orang menyebut MSI dengan julukan "better installer solution" alasannya ialah fungsinya sangat membantu awam yang tidak begitu paham duduk perkara komputer.


Mana yang lebih baik?

Faktanya kedua ekstensi tersebut bekerja dengan baik. Tidak duduk perkara jikalau kau menentukan EXE atau MSI untuk menentukan format instalasi. Pada akhirnya, MSI hanyalah jalan singkat untuk menginstal kegiatan (EXE).

Bagikan jikalau artikel ini bermanfaat 😀