Latest News

Cara Meningkatkan Kualitas Bunyi Di Komputer

Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer

-Setiap suara yang kita dengar sanggup mempengaruhi kondisi psikologis kita. Hal itu sanggup dibuktikan ketika kita mendengar bunyi yang keras dan cepat, maka otak akan meresponi perintah ke jantung sehingga detaknya lebih cepat. Ya, itulah yang dinamakan terkejut. Berbeda dengan bunyi alunan musik yang lembut dan tenang menciptakan suasana hati menjadi damai. Apalagi musik melow yang suaranya menciptakan sebagian jones flashback ke kenangan usang :v

Oke, kita kembali ke topik. Suara di komputer diproses oleh sound card (saat ini banyak sound card yang sudah otomatis terpasang di motherboard) kemudian keluarkan melalui speaker sebagai perangkat output. Kualitas suara dipengaruhi oleh software dan hardware.

Software dalam arti disini yakni cara kerja sistem menerjemahkan data menjadi suara. Kemudian selanjutnya yakni hardware yaitu perangkat speaker, sanggup juga headset atau earphone. Tetapi disini saya titik beratkan pada kinerja software. Mengapa? Karena hardware sulit untuk ditingkatkan kualitasnya, sedangkan software sanggup kita atur dengan mudah.

Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer

Dalam tutorial ini saya hanya menunjukkan sebuah kegiatan yang bertugas meningkatkan kualitas bunyi di komputer sobat. Namanya yakni Razer Surround. Mendengar nama Razer niscaya sudah sanggup dibayangkan pengalaman gaming dengan performa maksimal. Program ini akan beradaptasi dengan jenis bunyi yang akan dikeluarkan.

Download Razer Surround Gratis

Setelah download, teman install programnya sesuai instruksi. Proses instalasi dilakukan secara online biar Razer sanggup menyesuaikan kondisi sistem komputer teman dengan database Razer Surround. Biasanya proses instalasi memakan waktu sekitar 15 menit tergantung kecepatan komputer dan internet. Ukuran file hanya 1.6 MB namun akan membengkak hampir 100 MB sesudah diinstall.

Sobat juga wajib mempunyai akun Razer yang sanggup dibentuk gratis. Akun ini bertugas mengumpulkan data bunyi dan melaporkan apabila terjadi error. Razer akan meminta izin untuk mengakses perangkat suara, teman harus mengizinkannya.

Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer

Perlu dicatat bahwa selama proses instalasi speaker teman tidak akan berbunyi sama sekali. Hal ini masuk akal alasannya yakni Razer tengah melaksanakan penyesuaian terhadap komputer. Namun sesudah instalasi bunyi yang dihasilkan terdengar lebih realistis.

Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer Cara Meningkatkan Kualitas Suara di Komputer

Ada satu perbedaan di kontrol volume sobat. Kini ada dua kafe volume yang sama persis. Tenang saja, bab kanan yakni yang utama sedangkan bab kiri yakni milik Razer. Cukup kendalikan yang kanan maka bab kiri akan menyamakan. Keduanya harus aktif biar sanggup bekerja sempurna.

Coba dengarkan bunyi yang dihasilkan. Saya yakin akan terdengar lebih realistis. Akan tetapi sedikit orang tidak sanggup membedakan bunyi sebelum memakai Razer Surround dan sesudah menggunakannya. Mungkin itu tergantung dari kepekaan pendengaran masing-masing orang, yang terpenting Razer Surround sudah bekerja sebagaimana mestinya.