Latest News

Resep Menciptakan Gula Kacang (Ampyang Kacang) Yang Enak

Gula Kacang atau ada yang menyampaikan Ampyang Kacang merupakan salah satu hasil olahan yang cukup menonjol rasa gula merahnya yang enak. Hal tersebut dikarenakan kacang dikelilingi oleh gabungan gula. Selain menjadi masakan dirumah, ternyata gula kacang juga menjadi jajanan yang telah terkenal sehingga gampang kita dapatkan di toko-toko baik dalam skala perjuangan kecil maupun besar.

Kalian pastinya juga pernah menjumpai di toko jajanan di kota Anda yang namanya gula kacang tersebut. Memang si ini merupakan masakan tradisional, namun dengan kepopulerannya yang terus turun temurun mengakibatkan gula kacang tetap bertahan hingga dikala ini. Caranya cukup gampang untuk Anda coba dirumah, dan berikut apa saja yang harus dipersiapkan sebelum menciptakan gula kacang.

 merupakan salah satu hasil olahan yang cukup menonjol rasa gula merahnya yang yummy Resep Membuat Gula Kacang (Ampyang Kacang) yang Enak

Bahan :
1. Kacang tanah 1 kg
2. Gula pasir 1/2 kg
3. Gula kelapa/gula merah 1/2 kg
4. Air jahe dari jahe sebesar ibu jari
5. Dan yang terakhir ialah air secukupnya


Cara membuatnya :
- Pertama-tama kacang tanah disangrai dulu hingga matang.
- Berikutnya gula pasir, gula kelapa, air jahe, dan air higienis secukuonya direbus hingga kental.
- Lalu masukkan kacang tanah kedalam rebusan yang tadi sambil diaduk-aduk. Ingat pada dikala memasukkan kacang tanah api kompor dikecilkan.
- Yang terakhir gabungan siap dicetak dengan cara mengambilnya dengan sendok lalu tuangkan dalam cetakan sesuai bentuk yang Anda inginkan. Kalau jaman dulu untuk mencatak gula kacang menjadi lingkaran memakai serpihan bambu yang diletakkan pada nyiru (tampah).
- Setelah dicetak semuanya diamkan dulu hingga mengering gres disimpan dalam toples.
Baca juga : Resep Cara Membuat Onde-Onde Ketawa atau Onde-Onde Mini

Demikianlah caranya menciptakan Gula Kacang atau Ampyang Kacang yang yummy dan renyah untuk cemilan dirumah. Atau bahkan jikalau Anda sudah hebat dan merasa kesannya memuaskan dalam pembuatannya maka sanggup diprodiksikan, siapa tahu banyak yang mau beli.